LIGHT IT UP!
hello,sepertinya anda belum register.silahkan register terlebih dahulu untuk dapat bersosialisasi dengan Lighter lainnya Very Happy

LIGHT IT UP!

The Newest Indonesia Community
 
IndeksCalendarGalleryFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Pengumuman untuk semua moderator & staff untuk memberikan absensi , baca lebih lanjut klik Disini
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
December 2016
MonTueWedThuFriSatSun
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
CalendarCalendar

Share | 
 

 [must see] Proses terjadinya Letusan Gunung Berapi [Volcanic Eruptions]

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
popoio
V.I.P user


Jumlah posting : 53
Join date : 29.12.10
Age : 23
Lokasi : Jakarta

PostSubyek: [must see] Proses terjadinya Letusan Gunung Berapi [Volcanic Eruptions]   Fri 31 Dec - 19:29:21



Dalam beberapa letusan, gumpalan awan besar naik ke atas gunung, dan sungai lava mengalir pada sisi-sisi gunung tersebut. Dalam letusan yang lain, abu merah panas dan bara api menyembur keluar dari puncak gunung, dan bongkahan batu-batu panas besar terlempar tinggi ke udara. Sebagian kecil letusan memiliki kekuatan yang sangat besar, begitu besar sehingga dapat memecah-belah gunung.



Pada dasarnya, gunung berapi terbentuk dari magma, yaitu batuan cair yang terdalam di dalam bumi. Magma terbentuk akibat panasnya suhu di dalam interior bumi. Pada kedalaman tertentu, suhu panas ini sangat tinggi sehingga mampu melelehkan batu-batuan di dalam bumi. Saat batuan ini meleleh, dihasilkanlah gas yang kemudian bercampur dengan magma. Sebagian besar magma terbentuk pada kedalaman 60 hingga 160 km di bawah permukaan bumi. Sebagian lainnya terbentuk pada kedalaman 24 hingga 48 km.




Magma yang mengandung gas, sedikit demi sedikit naik ke permukaan karena massanya yang lebih ringan dibanding batu-batuan padat di sekelilingnya. Saat magma naik, magma tersebut melelehkan batu-batuan di dekatnya sehingga terbentuklah kabin yang besar pada kedalaman sekitar 3 km dari permukaan. Kabin magma (magma chamber) inilah yang merupakan gudang (reservoir) darimana letusan material-material vulkanik berasal.




Magma yang mengandung gas dalam kabin magma berada dalam kondisi di bawah tekanan batu-batuan berat yang mengelilinginya. Tekanan ini menyebabkan magma meletus atau melelehkan conduit (saluran) pada bagian batuan yang rapuh atau retak. Magma bergerak keluar melalui saluran ini menuju ke permukaan. Saat magma mendekati permukaan, kandungan gas di dalamnya terlepas. Gas dan magma ini bersama-sama meledak dan membentuk lubang yang disebut lubang utama (central vent). Sebagian besar magma dan material vulkanik lainnya kemudian menyembur keluar melalui lubang ini. Setelah semburan berhenti, kawah (crater) yang menyerupai mangkuk biasanya terbentuk pada bagian puncak gunung berapi. Sementara lubang utama terdapat di dasar kawah tersebut.

Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/cubzz
kaskustop1
Admin
Admin


Jumlah posting : 761
Join date : 26.12.10
Age : 18
Lokasi : Manado,indonesia

PostSubyek: Re: [must see] Proses terjadinya Letusan Gunung Berapi [Volcanic Eruptions]   Thu 6 Jan - 18:54:35

sama kayak di buku IPS gw !!

_________________




Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://lightitup.indonesianforum.net
 
[must see] Proses terjadinya Letusan Gunung Berapi [Volcanic Eruptions]
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
LIGHT IT UP! :: edu forum-
Navigasi: