LIGHT IT UP!
hello,sepertinya anda belum register.silahkan register terlebih dahulu untuk dapat bersosialisasi dengan Lighter lainnya Very Happy

LIGHT IT UP!

The Newest Indonesia Community
 
IndeksCalendarGalleryFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
Pengumuman untuk semua moderator & staff untuk memberikan absensi , baca lebih lanjut klik Disini
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
December 2016
MonTueWedThuFriSatSun
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
CalendarCalendar

Share | 
 

 Sejarah Letusan Gunung Tambora Yang Mengguncang Dunia

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
popoio
V.I.P user


Jumlah posting : 53
Join date : 29.12.10
Age : 23
Lokasi : Jakarta

PostSubyek: Sejarah Letusan Gunung Tambora Yang Mengguncang Dunia   Fri 31 Dec - 19:31:16



Tahun tanpa musim panas, juga dikenal sebagai Tahun Kemiskinan dan Seribu delapan ratus dan membeku hingga mati, terjadi pada 1816, ketika penyimpangan iklim musim panas menghancurkan panen di Eropa Utara, Amerika timur laut dan Kanada timur. Kini orang umumnya menduga bahwa penyimpangan itu terjadi karena ledakan vulkanik Gunung Tambora pada tanggal 5 April–15 April 1815. Gunung ini terletak di pulau Sumbawa di Hindia Belanda (kini Indonesia) yang melontarkan lebih dari satu setengah juta ton – atau 400 km³ – debu ke lapisan atas atmosfer. Seperti umumnya diketahui, setelah sebuah letusan gunung berapi yang dahsyat, temperatur di seluruh dunia menurun karena berkurangnya cahaya matahari yang bersinar melalui atmosfer.



Penyimpangan iklim yang luar biasa pada 1816 menimbulkan pengaruh yang sangat hebat di Amerika timur laut, Kanada Maritim dan Eropa utara.
Biasanya, pada akhir musim semi dan musim panas di Amerika timur laut cuacanya relatif stabil: temperatur rata-rata sekitar 20–25°C, dan jarang sekali turun hingga di bawah 5°C. Salju musim panas sangat jarang terjadi, meskipun kadang-kadang turun pada bulan Mei.



Namun pada Mei 1816 frost (pembekuan) mematikan sebagian besar tanaman yang telah ditanam, dan pada bulan Juni dua badai salju mengakibatkan banyak orang yang meninggal. Pada Juli dan Agustus, danau dan sungai yang membeku dengan es terjadi hingga di Pennsylvania yang jauh di selatan. Perubahan temperatur yang cepat dan dramatis lazim terjadi, dengan temperatur yang bergeser dari yang normal dan di atas normal pada musim panas, yaitu 35°C hingga hampir membeku hanya dalam beberapa jam saja. Meskipun para petani di selatan New England berhasil menuai panen yang masak, harga jagung dan biji-bijian lainnya meningkat secara dramatis. Harga haver, misalnya, meningkat dari 12 sen dolar sekarungnya (ukuran 35 1/4 liter) pada tahun sebelumnya menjadi 92 sen dolar Amerika. Banyak sejarahwan yang menyebutkan tahun tanpa musim panas ini sebagai motivasi utama untuk terbentuknya dengan segera pemukiman yang kini disebut sebagai Barat Tengah Amerika. Banyak penduduk New England yang tewas karena tahun itu, dan puluhan ribu lainnya berusaha mencari tanah yang lebih subur dan kondisi-kondisi pertanianyang lebih baik di Barat Tengah Hulu (saat itu merupakan Wilayah Barat Laut) Sementara hasil panen memang buruk selama beberapa tahun, pukulan yang terakhir terjadi pada 1815 dengan letusan Tambora.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/cubzz
popoio
V.I.P user


Jumlah posting : 53
Join date : 29.12.10
Age : 23
Lokasi : Jakarta

PostSubyek: Re: Sejarah Letusan Gunung Tambora Yang Mengguncang Dunia   Mon 3 Jan - 11:16:37

komen pertamax.. ah..

yg lain nyusul ya komenya..

wkwkkw Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/cubzz
 
Sejarah Letusan Gunung Tambora Yang Mengguncang Dunia
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
LIGHT IT UP! :: edu forum-
Navigasi: